Jenis-Jenis Ikan Hias Guppy

Jenis-Jenis Ikan Hias GuppyBeberapa jenis Ikan Guppy (Rumahku Akriumikan) -Ikan hias guppy yaitu spesies ikan hias yang sangatlah gampang pemeliharaannya. Harga nya yang relatif murah serta bentuk fisik yang indah bikin ikan ini popular di kelompok penggemar ikan hias, bahkan juga orang pemula juga tau perihal ikan hias guppy ini.

Beberapa jenis ikan hias Guppy ini sesungguhnya sangat berbagai? jenis, Serta type ikan hias Guppy sendiri sangatlah memengaruhi nilai jual ikan itu. Serta baru? baru ini sangat banyak type ikan hias Guppy yang baru bermunculan, hal semacam ini dikarenakan karna ada kawin silang pada ikan hias guppy. Hingga menyebabkan beranekaragaman type Ikan Hias Guppy.
Pada intinya type ikan hias guppy bisa dibedakan lewat bentuk ekor serta warnanya, tersebut sedikit beberapa jenis ikan hias guppy berdasar pada bentuk ekornya yang saya kenali :

1. Cobra 
Gen cobra ditandai dengan corak seperti kulit ular (snake skin) pada seluruhnya tubuh ikan hias guppy jantan yang berwarna paduan hitam, putih atau kuning. Betul-betul banyak ikan hias guppy yang bercorak cobra karena corak inilah yang dari awal kali sudah dapat diidentifikasi. Perubahan gen yang umum dijumpai pada jenis cobra yakni yang dikenal untuk lace. Gen lace memiliki corak yang lebih halus dan komplek. Karena betul-betul mudah disilangkan, corak cobra ini dapat pula dijumpai pada guppy betinanya.

Jenis-Jenis Ikan Hias Guppy



2. Metalik
Penamaan ini merujuk pada ada warna biru atau abu-abu gelap metalik pada tubuh ikan hias guppy jantan. Yang paling banyak dijumpai yakni jenis Metalik Cobra yang dimaksud paduan gen metalik dan gen cobra. Jenis ini memiliki pada dan dada berwarna metalik dan tubuh segi belakang bercorak cobra.

Jenis-Jenis Ikan Hias Guppy


3. Japan Blue 
Jenis Japan Blue diperkirakan datang dari populasi ikan hias guppy liar di Jepang. Karakteristik jenis ini yakni ada warna biru langit dipinggang guppy jantan, karena efek gen lain warnanya dapat bermacam dari ungu ke turquoise. Pergantian terbaru dari jenis Japan Blue yakni Lazuli umumnya memiliki warna kepala dan pangkal ekor biru.

Jenis-Jenis Ikan Hias Guppy

4. Pink White 
Karakteristik jenis ikan hias guppy ini yakni warna putih pink dipangkal ekor. Jenis ini baru saja diidentifikasi dengan sumber yg tak di kenali aslinya. Warnanya bermacam dari pink ke putih. Varian yang awal memiliki warna ekor dengan semburat merah, namun saat ini lebih banyka dijumpai dengan warna solid terang seperti biru dan putih.

Jenis-Jenis Ikan Hias Guppy


6. Tuxedo 
Gen tuxedo berikanlah warna gelap ditubuh segi belakang (pinggang) seperti warna hitam dan biru, namun tingkat coverage nya berbeda. Umumnya menutupi separuh badan segi belakang ikan hias guppy. Gen tuxedo tidak cuma berikanlah efek pewarnaan, juga berikanlah efek pada ukuran sirip. Tuxedo cenderung memiliki sirip yang makin besar.

Jenis-Jenis Ikan Hias Guppy

7. Mozaic 
Gen mozaic tunjukkan corak atau pola garis bergelombang pada sirip ikan hias guppy. Karakteristiknya pola warna biru di pangkal ekor dan memanjang ke arah sirip ekor. Polanya selalu mempunyai susunan yang teratur pada biru dengan kuning atau biru tua dengan merah. Untuk melindungi gen mozaic tidaklah mudah, dia harus disilangkan dengan gen lain agar dihasilkan gen mozaic yang bercorak cantik.

Jenis-Jenis Ikan Hias Guppy

8. Grass Blue
Grass yaitu pergantian dari mozaic. Gen grass ditampilkan dari corak sirip ekor dan sirip punggung ikan hias guppy yang berupa noktah-noktah berupa titik atau pisau halus berwarna hitam atau biru gelap. Bentuk noktah grass kenyataannya berikanlah ketidaksamaan warna, grass bercorak pisau halus terlihat pada red grass sebentar corak noktah titik pada blue grass. Namun saat ini baik red grass maupun blue gress memiliki corak noktah titik halus. Pada awal kemunculan grass warna sirip punggungnya transparant sampai sering disebut juga glass grass

Jenis-Jenis Ikan Hias Guppy



9. Leopard 
Leopard dicirikan karena itu ada noktah tak tidak tebal yang menebar acak pada siripnya berwarna biru gelap hingga hitam. Kemungkinan gen varietas ini yaitu pergantian dari mozaic namun dapat dijumpai juga pada silangan jenis cobra dengan jenis guppy berwarna polos. Saat ini jenis ini tidaklah terlalu banyak karena kurang sekian disukai oleh sebagian hobbies.

Jenis-Jenis Ikan Hias Guppy

No comments