Jenis Ikan Hias Mas Koki


Jenis Ikan Hias Mas Koki(akuariumikanhiasku) -  Ikan hias mas koki adalah salah satu type ikan hias yang sangatlah popular. Banyak pengagum type ikan hias mas koki lantaran lihat badannya yang aneh serta susah digambarkan hingga beberapa orang menyampaikan juga sebagai fantastik! Ikan hias mas koki ini termasuk juga ikan hias yang lamban geraknya hingga didalam akuarium kerap jadi korban bulan-bulanan ikan yang lain. 

Sesungguhnya type ikan hias mas koki yang asli tidaklah semenarik ikan hias mas koki yang kita kenal satu hari perhari. Ikan hias mas koki bentuk dasarnya sama dengan ikan hias mas koki umum. Daya tariknya cuma terdapat pada warna merah menyala yang membentang dari pangkal ekor hingga leher. 

Namun, keseluruhannya bentuk serta warnanya sama dengan ikan mas biasanya. Ikan hias mas ini dimaksud dengan juga nama goldfish. Serta, didalam suatu akuarium, ikan hias mas koki tampak demikian elok seperti namanya goldfish (ikan mas). 

Serta, kelebihan yang paling menarik dari type ikan hias mas koki yaitu bentuk strainnya yang jauh tidak sama dengan ikan mas koki aslinya. Hingga saat ini, di negeri Tiongkok sudah banyak dihasilkan strain strain baru dari ikan hias mas koki ini.


Bahkan juga seseorang ilmuwan Tiongkok, yakni Shisan Chen menyampaikan bahwa hingga saat ini ada seputar 126 strain baru yang betul-betul lain dari aslinya. Serta, memanglah negara Tiongkok serta Jepang yaitu dua negara yang paling getol membuat strain baru beragam jenis ikan. 

Jenis Ikan Hias Mas Koki

1. Bubble Eye/Suihogan Goldfish :

Jenis Ikan Hias Mas Koki



Spesies ikan hias mas koki unik yang datang dari Cina ini mempunyai mata yang menunjuk ke atas serta 2 kantung besar diisi cairan, Ikan hias ini dapat tak mempunyai sirip di punggungnya, ikan hias mas ini dapat tumbuh 6 -8 inchi. 

2. Ranchu Goldfish :

Jenis Ikan Hias Mas Koki


Ikan hias mas koki dengan penampilan yg tidak umum ini dikatakan sebagai " raja ikan mas " oleh orang Jepang. Ranchu yaitu hasil dari percobaan perkimpoian silang yang tidak sama dari Lionhead Cina. Ikan hias ini gak mempunyai sirip atas, serta mempunyai banyak warna seperti orange, red, white, red-and-white, blue, black, black-and-white, black-and-red, Ikan hias dengan tubuh kuning pucat serta kepala merah sangatlah tidak sering serta langka. 

3. Butterfly tail/Jikin Goldfish : 

Jenis Ikan Hias Mas Koki


Indah serta menggemaskan namun langka, Jikin dipercaya dari Jepang. Ciri yang paling menonjol yaitu ekor yang mempunyai bentuk X. ekor kupu kupunya mempunyai panjang khas, berupa cerutu atau torpedo. Badan yang putih dengan bibir, sirip serta insang merah. bisa tumbuh hingga 9 inci. Nama yang lain yaitu ekor Merak serta Rokuri. 

4. Telescope Eye/Demekin Goldfish :

Jenis Ikan Hias Mas Koki

Spesies ini mempunyai mata yang esar serta unik, Variasi ini berwarna merah, merah-putih, belacu, hitam-putih, coklat, biru, lavender, cokelat-dan-biru serta warna hitam. Mereka mungkin saja juga terkadang mempunyai sisik metalik. Walaupun matanya besar, penglihatannya jelek serta tambah baik tak digabung 1 akuarium dengan type lain yang lincah serta diletakkan di akurium tanpa ada benda lanci. 

5. Oranda Goldfish : 

Jenis Ikan Hias Mas Koki


Oranda, ikan hias mas koki unik dari Cina serta Jepang, dicirikan oleh tudung seperti raspberry dikepalanya. Ikan mas koki ini sangatlah populer di semua dunia, serta mempunyai tubuh bear dengan 4 ekor panjang.

6. Celestial Eye/Choten gan Goldfish :

Jenis Ikan Hias Mas Koki

Salah satu ikan hias mas koki aneh yang datang dari Cina serta Korea. Mata ikan mas ini seperti mata ikan hias mas teleskop, namun mengarah keatas Badan ikan ini berupa seperti torpedo, serta tidak mempunyai sirip atas

7. Lionchu/Lionhead Goldfish : 

Jenis Ikan Hias Mas Koki

Ikan hias mas koki Unik ini yaitu ikan hias mas yg tidak mempunyai sirip atas dari Thailand serta hasil dari perkimpoian silang pada lionheads serta ranchus. Mempunyai badan yang besar, lebar serta melengkung ke belakang serta kepala yang besar. 

8. Ryukin Golfish : 

Jenis Ikan Hias Mas Koki

Ikan hias mas koki berwarna cerah serta menarik dari Jepang ini mempunyai sirip yang besarnya 2 kali panjang badannya, moncongnya juga lancip serta punggungnya bungkuk. Ryukin mempunyai warna seperti merah marun, merah-putih, putih, metalik serta warna belacu. di akuarium yang bagus perawatannya ikan hias ini bisa meraih sampai 8 inci atau 21 cm. Nama julukan yang lain yaitu Ribbontail Jepang, Fringetail, Fantail atau Veiltail

9. Calico/Nacreous Goldfish :

Jenis Ikan Hias Mas Koki

Ikan hias mas koki bernama Calico atau Nacreous ini mempunyai percampuran sisik warna metalik serta transparan yang menyebabkan kesan mutiara. Calico dapat tumbuh hingga 12 inchi. Coraknya terbagi dalam bercak-bercak merah, kuning, abu-abu serta hitam berbarengan bercak gelap serta biru. 

10. PomPom/Hanafusa Goldfish :

Jenis Ikan Hias Mas Koki

Hanafusa mempunyai daging yang tumbuh seperti pom pom di seputar hidungnya, tubuhnya seperti lionhead, namun yang tumbuh yaitu hidungnya, terkadang jadi ada daging yang tumbuh hingga melalui bawah rahangnya.

No comments