Memelihara Dan Merawat Ikan Koi Yang Baik

Memelihara Dan Merawat Ikan Koi Yang Baik

Memelihara Dan Merawat Ikan Koi Yang Baik(akuariumikanhiasku) | Untuk memelihara dan merawat  ikan koi yang baik adalah satu kewajiban untuk para pecintanya. Hal dasar yang utama dan butuh di  ketahui yaitu bagaimana membuat kolam yang pas, air kolam yang sesui serta bagaimana  tehnik untuk pemberian makan. 

Ikan koi dapat di budidayakan  di kolam yang terbuat dari semen, kolam taman ,kolam tanah. Untuk pemeliharaan ikan koi dalam aquarium sangat tak disarankan. Hal ini disebabkan ikan koi perlu sekali  areal berenang yang  luas serta cukup dalam. Dikarenakan  keindahan ikan koi itu terdapat pada punggungnya yang  berwarna warni. Maka logikanya jika dipelihara di dalam akuarium akan mengakibatkan keelokan dari badan serta warna punggung  tak tampak optimal. 
Ukuran kolam ikan koi  minimum 1, 5m x 2m dengan kedalaman 50-80cm. Bila kolam ikan koi tidak dalam dikhawkatirkan  tubuh ikan koi terus-menerus terkena cahaya matahari. Apabila  banyak terpapar sinar  matahari bisa mengubah warna badan ikan koi sehingga menjadi pucat serta perkembangan terhalang. 

Harus juga  di perhatikan jarak air ke bibir kolam minimum itu  25cm ini untuk jaga - jaga agar ikan  koi tidak dapat melompat ke daratan.  Selain itu kolam ikan koi mesti dilengkapi saluran pembuangan pada bagian bawahnya .Sedangkan pada bagian atas  kolam ikan koi harus dipasang pipa untuk menyalurkan air bersih yang sudah diendapkan.  

Air Untuk Ikan Koi Yang Baik 

Dan juga filter empat lapis butuh dipasang untuk melindungi kebersihan serta kelancaran aliran air. Filter empat lapis adalah :

  • Filter pertama terbagi dalam kerikil, pasir, serta ijuk berperan menyaring sampah serta Lumpur yang mengotori kolam. 
  • Filter ke-2 berbentuk karbon zeolit berperan menghilangan  toksin,  membunuh bibit penyakit  serta bau tidak enak,. 
  • Filter ketiga berbentuk pestisida yang tidak mematikan bakteri pengurai yang bertindak dalam sistem penjernihan air kolam. 
  • Filter ke empat berbentuk tanaman atau bebatuan yang bisa mengikat kotoran. 
Derajat keasaman (pH) air yang pas untuk perkembangan ikan koi adalah 6, 5-8, 5. Supaya menjaga aliran air dapat dipasang pompa yang dapat menyalurkan air sejumlah 25 liter per menit. Dengan langkah tersebut, air kolam tidak harus selalu dibikin bersih, namun hanya cukup bersihkan filter saja serta bak filternya. Langkahnya, semprotlah  filter dengan air bersih  5-10 menit. 

Apabila memakai penyaring ini, baiknya pergantian air kerjakan dua minggu sekali. Maksudnya adalah untuk buang beberapa zat toksin dari sisa-sisa makanan yang terurai jadi nitrit beresiko untuk kesehatan ikan. 

(Baca juga: penyakit pada ikan koi dan cara mengatasinya)

Langkah Pemberian Pakan Ikan Koi 

Pakan berperan untuk membuat badan ideal serta mencemerlangkan warna pada ikan koi, Type pakan yang didapatkan bisa berbentuk pakan alami atau pakan buatan. Pakan itu harus memiliki kandungan gizi yang seimbang sesuai dengan yang dibutuhkan  ikan koi. Pakan sebaiknya diberikan pada ikan koi 2 x satu hari, pagi serta sore agar keperluan gizi ikan tercukupi. 

Type pakan yang dipakai untuk meningkatkan perkembangan ikan koi agar badan ideal adalah wheat germ. Pakan terbuat berbahan yang memiliki kandungan protein tinggi seperti,, tepung udang, gandum , bungkil kacang kedelai , serta tepung ikan,. 

Kandungan protein seputar 32%. Diluar itu wheat germ juga memiliki kandungan vitamin A, , E ,D, K, B2 , B6, B12, niasin, vitamin C serta unsur-unsur mineral lain seperti choline chloride ,kalsium, panthetonate, trace mineral, serta anti-oksidan. 

Sesaat, pakan untuk mencemerlangkan/mempertajam warna koi yaitu pakan memiliki kandungan zat karoten. Zat itu bisa merangsang timbulnya warna pada ikan koi. Dengan cara alami di pada badan ikan koi ada zat karoten berbentuk antaxanthin membuahkan warna merah, serta lutein membuat warna kuning kehijauan. 

Pakan ikan koi yang memiliki kandungan zat karoten salah satunya ; alga atau ganggang Spirullina, wortel, serta Chlorella, sawi, semangka, kubis serta cabai hijau. Sedang pakan dari hewan dapat diberikan udang-udangan, ,kepiting, salmon,krill, trout, kutu air, cacing rambut, jentik nyamuk, serta cacing darah

Demikian artikel Memelihara Dan Merawat Ikan Koi Yang Baik semoga dapat menambah wawasan kita seputar dunia ikan hias.

No comments