Tips Membuat Kolam Ikan Koi Yang Sehat

Tips Membuat Kolam Ikan Koi Yang Sehat
Tips Membuat Kolam Ikan Koi Yang Sehat  | akuariumikanhiasku - Hal pertama yang butuh di perhatikan untuk penggemar ikan koi yaitu membuat kolam ikan koi yang representatif untuk keberlangsungan hidup serta kesehatan ikan koi. Kwalitas air dalam kolam ikan koi adalah aspek penentu keberhasilan pelihara ikan koi

Keindahan serta kesehatan ikan koi sangatlah di pengaruhi oleh keadaan air dalam kolam ikan koi. Kolam ikan koi yang representatif mencakup prasyarat yang cukup untuk kehidupan ikan koi serta keindahan bila dilihat. Sebagian pengagum ikan koi ada yg tidak terlampau menghiraukan segi ke-2 ini namun ada beberapa yang terlampau mengutamakan segi keindahan namun melupakan prasyarat yang cukup kolam untuk ikan koi. Ikan koi adalah Ikan yang bakal terlihat indah bila dipandang dari sisi punggung tidak dari sisi samping, jadi pelihara ikan koi dalam aquarium tak akan nikmati keindahan koi dengan cara optimal. 

Kedalaman Kolam Ikan Koi

Beberapa orang berasumsi bahwa supaya bisa menikmati keindahan ikan koi, mereka lalu membuat Kolam ikan koi yang dangkal pada 30 cm hingga 50 cm saja, hingga ikan koi Gampang dipandang, sesungguhnya boleh-boleh saja asumsi ini, walau demikian Kolam yang dangkal bakal bikin ikan koi tak dapat tumbuh dalam ukuran yang jumbo. 

Apabila ikan koi Jumbo dipelihara pada Kolam Dangkal makin lama bakal bikin badan ikan koi jadi bengkok hingga kurangi keindahan. Pemecahannya yaitu Bikin kolam ikan koi dengan kedalaman yang cukup namun air senantiasa bersih serta jernih hingga walau kolam ikan koi cukup dalam terus bisa lihat ikan koi walau ada di basic kolam sekalipun. 

Bikin kolam ikan koi yang representatif memanglah membutuhkan cost yang banyak yang kadang-kadang berbenturan dengan cost yang ada karenanya dalam Bikin kolam ikan koi mesti sesuaikan dengan keadaan. Tambah baik kolam dengan ukuran kecil namun mutunya baik dari pada kolam yang besar namun kwalitas yang airnya jelek. Walau demikian prinsip basic kolam ikan koi yang dapat dipegang yaitu Gampang perawatan serta yang lebih utama bisa melindungi kesehatan serta Kwalitas ikan koi. 

Sumber Oksigen Utama Dalam Bikin Kolam Ikan Koi 

Agar bisa bikin kolam ikan koi yang maksimal ada dua hal yang butuh diperhitungkan yang pertama yaitu Sumber Oksigen yang cukup serta system Filter yang baik. Seperti hewan lain, Ikan Koi membutuhkan Oksigen untuk bernafas serta cukup rawan dengan keadaan kolam yang mimim oksigen. Karenanya butuh suplai oksigen yang cukup dalam kolam ikan koi

Oksigen dapat dihasilkan dari gerakan air kolam ikan koi, umpamanya di buat dengan air terjun atau dikerjakan menambahkan aerator pada kolam ikan koi. System filter juga memegan fungsi yang utama untuk melindungi kwalitas air dalam kolam. 

Karenanya filter adalah equipment harus dalam membuat kolam ikan koi. System Filter dalam Kolam ikan koi kurang cuma membuahkan air yang bersih serta jernih saja seperti kolam renang dengan memberikan Chlorine umpamanya. Untuk ikan koi, Chlorine adalah zat yang sangatlah beresiko untuk keberlangsungan hidupnya. System filter dalam Kolam Koi juga mesti menanggung kolam ikan koi bebas dari beberapa bahan kimia beresiko. Jadi system filter biologis jadi pilihan dalam kolam ikan koi. 


Oksigen Yang Cukup, Bikin Kolam Ikan Koi Sehat 
Sebagian Hal utama sebagai catatan saat sebelum bikin kolam ikan koi :

1. Tempat Kolam Ikan Koi 

Tambah baik tempat kolam ikan koi yaitu di dekat rumah, supaya bisa nikmati keindahannya serta di beri makan sekurang-kurangnya 2 x dalam satu hari. Jauhi membuat kolam ikan koi di bawah pohon lantaran daun-daun dapat mengotori kolam serta jauhi di beberapa tempat yg tidak aman dari hama serta orang tak bertanggungjawab. 

2. Membuat kolam ikan koi tambah baik di Bawah tanah, lewat cara menggali tanah. Lantaran Keindahan Koi yaitu di bagian punggungnya. Kolam ikan koi seperti akuarium kurang memberi panorama yang bagus untuk keindahan ikan koi

3. Sumber Oksigen untuk kolam ikan koi 

4. Ukuran kolam ikan koi, tempat yang ada janganlah dialokasikan seluruhnya untuk kolam ikan koi namun sisakan 30% untuk ruangan filter. Cocokkan juga dengan jumlah ikan, ukuran ikan koi yang bakal dipelihara. Pikirkan baik-baik apabila bakal bangun kolam ikan koi dengan ukuran besar lantaran dalam operasional bakal membutuhkan daya pompa yang besar serta cost perawatan yang semakin besar juga. 

5. Kedalaman kolam ikan koi, idealnya kolam ikan koi mempunyai kedalaman 2 mtr. atau bila tak sangat mungkin seputar 1 mtr.. Dengan kedalaman ini suhu pada kolam ikan koi pada siang serta malam tak alami ketidaksamaan yang mencolok. Pergantian suhu yang mencolok kuran baik untuk ikan koi. Ikan koi mesti senantiasa menyesuaikan dengan pergantian lingkungan. Kolam yang dalam condong bikin perkembangan ikan koi lebih cepat serta bikin ikan koi aman serta nyaman. 

6. Bentuk Kolam 

Pada intinya bentuk kolam yaitu bebas sesuai sama selera, yang butuh jadi catatan bentuk kolam jangan sempat ada sisi yang mati (Death Ruang), yakinkan air senantiasa mengalir dari waterfall ke tiap-tiap penjuru kolam. Sisi kolam yang mati bakal bikin bakteri serta gangang tumbuh serta berkembang ditempat itu. 

7. Pojok Serta dasar Kolam 

Usahakan sisi pertemuan antar segi kolam melengkung serta hindari pojok 90 derajat, untuk menghindari dari ruang mati. Sisi Basic Kolam janganlah di buat rata, buat sisi paling tengah (Botom Drain) lebih dalam serta sisi pinggir ke arah tengah miring 20 hingga 40 derajat. Kotoran ikan serta sisa-sisa makanan bakal mengendap di bagian basic kolam dengan jenis miring bakal bikin kotoran terkumpul serta gampang dibikin bersih. 


No comments