Tips Pelihara Ikan Hias Bagi Pemula

Tips Pelihara Ikan Hias Bagi Pemula

Tips Pelihara Ikan Hias Bagi Pemula | Akuarium Ikan Hias - Ikan hias merupakan ikan yang betul-betul membutuhkan perhatian khusus dalam pemeliharaannya.Ikan hias itu gampang-gampang susah. Lewat cara umum memiliki langkah yang berbeda antara satu ikan hias dengan yang lain dalam teknik memeliharanya. Juga harus diperhatikan beberapa hal yang terlihat sepele seperti ikan kecil dan besar, ikan hias jenis ikan hias cupang atau ikan hias yang lain. Ikan hias yang lahir melalui persilangan biasanya memiliki kekebalan tubuh yang lebih lemah di banding dengan ikan yg tak di silang. 

Anda yang ingin terjun dalam usaha ikan hias harus tahu persis tentang langkah dan tips memelihara ikan hias ini, agar usaha anda bisa jalan dengan lancar. Itu kami akan sharing sebagian panduan dalam membuat perlindungan dan memelihara ikan hias agar selalu indah dan sehat. 

1. Cocokkan ukuran akuarium dengan jumlah serta ukuran ikan hias yang akan kita pelihara. Begitu juga dengan pencampuran ikan hias, ikan hias yang kecil-kecil digabungkan dengan ikan yang kecil juga seperti ikan neon tetra, rambo, dan kongo. Penggabungan ikan kecil dengan ikan ukuran besar bisa mengakibatkan dampak yang fatal. 

2. Hati-hati juga dengan ikan yang sakit, ikan sakit harus segera dipisahkan dari akuariumnya, biasanya penyakit yang biasanya berjalan pada ikan yakni jamur, white spot, dan cacing. Berikanlah selekasnya pertolongan pada ikan sakit, untuk alternatif anda bisa berikanlah arak merah pada luka ikan. Dan yang paling utama diperhatikan lagi yakni ikan yang pernah sakit jangan sampai lagi digabungkan dengan ikan yg tak sakit, sebaiknya digabungkan dengan ikan-ikan yang pernah sakit. 

3. Bibit ikan hias yang paling baik yakni yang dibiakkan di negara aslinya. Di Indonesia sekarang ini ada banyak ikan hias, ada yang di impor dan ada pula ikan hias yang memang dibiakkan dari bibit aslinya. 

4. Pemberian makanan ikan hias juga harus teratur, jangan lantas memberi makanan dalam jumlah kecil namun sering yakni lebih baik. daripada memberi makanan ikan hias dalam jumlah yang banyak, dikarenakan pemberian makanan ikan hias dalam jumlah banyak  bisa menyebabkan akuarium cepat kotor dengan makanan sisa. Tambahkan sedikit zat klorin untuk menetralisir kandungan kaporitnya.

5. Tips memelihara ikan hias yang paling penting yakni air kolam atau akuarium. Masukkan ikan kedalam kolam setelah 3 hari anda masukkan air dalam kolam atau akuarium. Perhatikan kondisi air, air dari PAM bisa digunakan untuk pemeliharaan ikan hias. Membuat perlindungan ikan hias bebas dari kuman masukkan setetes metlin blue dalam masing-masing 25 liter air. 

6. Perhatikan kondisi air kolam. Pada umumnya dalam 3 hari air kolam atau air akuarium sudah bisa ditukar airnya sejumlah 10%nya 

Sekian tips  dan langkah memelihara ikan hias dalam kolam dihalaman rumah anda atau dalam akuarium kesukaan anda. Ikan hias bisa betul-betul laku dipasaran dan apabila anda pandai dalam mengelola ini bisa jadi usaha yang menjanjikan juga.

No comments