Ternyata Ikan Mas Koki Sama Pintarnya Dengan Anjing dan Kucing

Ternyata Ikan Mas Koki Sama Pintarnya Dengan Anjing dan Kucing
Ternyata Ikan Mas Koki Sama Pintarnya Dengan Anjing dan Kucing | Akuarium Ikan Hias - Ternyata sebagai hewan peliharaan, ikan hias mas koki nyatanya sama pintarnya dengan kucing serta anjing. Bahkan juga satwa peliharaan ini dapat dapat bertahan hidup kian lebih satu dekade serta dapat juga mengkalkulasi. 

Tetapi sayang, ikan mas koki tidak sering memperoleh kasih sayang serta perawatan yang cukup dari pemiliknya.

Seseorang peneliti dari Perth, Miriam Sullivan, yang juga dosen Kampus Australia Barat yang tergila-gila pada ikan hias mas koki juga sebagai hewan peliharaan barusan menyelesaikan PhD-nya tentang ikan mas.

Dia mensurvey 600 orang yang pelihara ikan mas koki, menganalisa tanggapan beberapa yang memiliki ikan itu sampai bertanya seberapa kerap bersihkan aquarium mereka.

Sullivan juga akan tahu apakah ikan mas koki lebih pilih tumbuhan palsu atau tumbuhan asli didalam aquarium.

Dr Sullivan temukan bila yang memiliki yang melihat video yang mendorong supaya orang bersihkan aquarium seringkali, condong dapat tambah baik saat bersihkan aquarium mereka di bulan-bulan selanjutnya, cuma bila mereka punya niat untuk melakukan perbaikan langkah bersihkan aquariumnya saja.

" Hasil penelitian ini memberikan bila kita kerapkali cuma perlu hal kecil untuk menyebabkan pergantian sikap dalam diri kita, ” tuturnya.

" Sekarang ini, saya sangka video berdurasi 1 menit akan tidak dapat merubah tingkah laku kita dengan cara permanen, namun tontonan itu cuma bakal dapat mendorong kita untuk beralih bila kita memanglah punya niat merubah tingkah laku itu, tetapi bila hal semacam itu adalah suatu hal yang pernah anda cobalah kerjakan, jadi video itu akan sangatlah menolong, ” imbuhnya.

Dr Sullivan melukiskan ikan mas koki juga sebagai hewan peliharaan yang terlupakan, bila saja mereka dirawat dengan cara benar, jadi ikan mas koki dapat berumur panjang, seperti anak kucing atau anak anjing.

" Ikan mas koki dapat juga rasakan sakit seperti kucing serta anjing, serta kita mesti merawatnya seperti hewan peliharaan biasanya, hingga kita juga mesti bertanggungjawab atas kesejahteraan mereka, ” tegas Sullivan.

" Dipermukaan ikan mas koki memanglah sama, tetapi orang kelihatannya sedikit perduli dengan mereka serta beberapa argumennya lantaran mereka tak berbulu serta tak imut, tak menggonggong serta tak mengeong bila lapar, ”

Menurut Sullivan, jalinan pada yang memiliki serta ikan mas peliharaannya juga tak berbentuk intuitif. Tidak sama umpamanya saat anjing atau kucing peliharaan terasa lapar serta haus, jadi mereka condong bakal memberikan tingkah laku spesifik yang juga umum dikerjakan pemiliknya saat lapar serta haus.

" Sangatlah susah untuk memercayakan intuisi untuk mengungkap bagaimanakah terasa hidup di air yang kotor, ”

Dr Sullivan menyampaikan ikan memberikan kecenderungan tingkah laku suka pada peletakan tanaman baik tanaman asli ataupun plastik di aquarium mereka.

Menurut dia penelitian terdahulu memberikan ikan juga dapat mengingat info yang utama, bekerja bersama satu dengan yang lain, dapat keluar dari labirin serta mengetahui dianya di kaca.

Dr Sullivan merekomendasikan mereka yang merencanakan untuk beli ikan maskoki untuk dianya atau anak untuk lakukan penelitian terlebih dulu.

" Orang yang merencanakan pelihara ikan mas koki enakat mungkin saja berupaya untuk mengetahui dianya sendirinya sendiri apakah dapat pelihara ikan, ” tuturnya.

" Mereka dapat mencari info perihal pelihara ikan di internet atau ajukan pertanyaan pada mereka yang telah lebih dulu pelihara ikan, ” tuturnya.

" Orang butuh bertanggungjawab atas hewan peliharaannya serta yang memiliki hewan yang baru memiliki resiko gagal lantaran tak mempunyai cukup banyak info terutama sekitar bagaimana langkah pelihara hewan peliharaannya itu, ” tuturnya. (abc/A-89) ***

sumber : www.pikiran-rakyat dot com

No comments