Jenis Jenis Ikan Koi

Mengenal Berbagai Jenis Ikan Koi
Mengenal Berbagai Jenis Ikan Koi | Akuarium Ikan Hias - Budaya ikan mas koi yang dijadikan sebagai ikan hias pada awalnya datang dari Jepang. Sesungguhnya ikan koi merupakan ikan mas hasil persilangan dari beragam warna ikan mas (karper). Bertahun-tahun waktu lalu, beberapa petani di Niigata Jepang memerlukan sumber protein sepanjang musim dingin yang panjang. 
Mereka pelihara ikan karper di kolam hingga mereka meraih ukuran spesifik. Selanjutnya beberapa petani mengerti bahwa sebagian dari ikan mas itu mempunyai warna yang tidak sama, hingga mereka selalu pelihara serta di besarkan. Dari situlah awal pembudidayaan ikan koi diawali hingga hingga sebagian ratus th. lalu alami perubahan yang cukup cepat. 

Bersamaan dengan berkembangnya budidaya ikan koi, Type ikan koi alami perubahan serta perkembangan jadi banyak type. Beberapa jenis ini didasarkan pada pola warna koi, sisik dan sebagainya. Selanjutnya sangat banyak beberapa jenis ikan koi yang disusun dalam klasifikasi ikan koi juga sebagai identifikasi. Dalam semasing kelas ini terdapat banyak sub Kelompok yang ragamnya juga cukup banyak. Klasifikasi Ikan Koi yang umum terdiri atas jenis Koi Gosanke, Shiro, Utsurimono, Asagi, Tancho, Hikarimono, Goromo, Hikarimoyo, Matsuba, serta Kawarimono. Di bawah ini yaitu kajian tentang semasing type pada klasifikasi koi : 

1. Gosanke 
Klasifikasi Koi Gosanke adalah ikan koi yang paling popular serta banyak diketemukan di kelompok beberapa pengagum ikan koi. Yang termasuk juga dalam kelompok ini yaitu Kohaku, Sanke, serta Showa. Keluarga Gosanke adalah gabungan Koi dengan warna Hitam, Merah serta putih. Terkecuali Kohaku yg tidak mempunyai unsur warna hitam. 

Kohaku 
Mengenal Berbagai Jenis Ikan Koi
Kohaku adalah ikan koi dengan warna merah serta putih. Pola merah dimaksud Hi. Hi mesti tidak tipis dengan pinggir yang baik. Ada beragam jenis ketidaksamaan pola warna Kohaku. Ada yang putus, ada yang besar serta menyapu. Kohaku yang baik memiliki pola yg tidak turun melalui mata serta seimbang. 

Sanke 
Mengenal Berbagai Jenis Ikan Koi
Sanke adalah ikan koi seperti pola Kohaku (hitam putih) , namun mereka mempunyai pola hitam di sekitar punggung mereka. Pola hitam dimaksud adalah sumi. Mencari Sanke yang baik yaitu yang mempunyai pola Hi Kohaku. Pola hitam tak boleh nampak di kepalanya. Sanke adalah persilangangan Kohaku dengan Shiro Bekko. 

Showa 
Mengenal Berbagai Jenis Ikan Koi

Showa adalah ikan koi dengan warna putih, hitam serta merah. Showa umumnya adalah hasil persilangan pada Kohaku serta Shiro Utsuri. 

2. Bekko
Bekko adalah jenis ikan koi dengan corak hitam.

Shiro Bekko 
Mengenal Berbagai Jenis Ikan Koi
Shiro Bekko yaitu type ikan koi berkulit putih dengan pola hitam kecil-kecil. Pola (hitam) sumi pada Shiro Bekko mesti seimbang serta mempunyai pinggir tajam (Kiwa). Shiro Utsuri serta Shiro Bekko mempunyai kemiripan, lantaran pola warnanya sama. Ketidaksamaan pada Shiro Bekko Serta Shiro Utsuri yaitu pada Shiro Utsuri mempunyai pola warna hitam yang semakin besar hitam sedang Shiro Bekko mempunyai sedikit warna hitam. 

Ki Bekko 
Shiro Bekko yaitu type Koi berkulit putih dengan pola hitam kecil-kecil. Pola (hitam) sumi pada Shiro Bekko mesti seimbang serta mempunyai pinggir tajam (Kiwa). Shiro Utsuri serta Shiro Bekko mempunyai kemiripan, lantaran pola warnanya sama. Ketidaksamaan pada Shiro Bekko Serta Shiro Utsuri yaitu pada Shiro Utsuri mempunyai pola warna hitam yang semakin besar hitam sedang Shiro Bekko mempunyai sedikit warna hitam.  Ki Bekko
Ki Bekko adalah ikan koi berwarna kuning dengan pola hitam di atasnya. Seperti Shiro Bekko, namun warna dasarnya kuning cerah. Pola (hitam) sumi pada Ki Bekko mesti seimbang serta mempunyai pinggir (kiwa) tajam. Ki Bekko agak tidak sering dari pada sepupu nya, Shiro Bekko.

Aka Bekko 
Mengenal Berbagai Jenis Ikan Koi
Aka Bekko adalah ikan koi merah dengan pola hitam di atasnya. Warna hitam membuat spot yang menarik serta indah. 

3. Utsurimono

Shiro Utsuri 
Mengenal Berbagai Jenis Ikan Koi
Shiro Utsuri, adalah ikan koi hitam serta putih dengan pola warna yang unik serta menarik. Sisi kepala Shiro utsuri terdiri atas warna hitam serta putih, tak bisa cuma terdiri atas satu warna saja (Hitam saja atau putih saja). Tidak sama dengan shiro bekko, shiro utsuri adalah koi dengan warna dasar hitam. 

Ki Utsuri
Ki Utsuri hampir sama juga dengan Shiro Utsuri, cuma saja warna pada Ki Utsuri yaitu kuning serta Hitam. Pola warna serta persyaratan penilaian sama juga dengan Shiro Utsuri. 

Hi Utsuri 
Mengenal Berbagai Jenis Ikan Koi
Hi Utsuri adalah ikan koi dengan warna merah serta hitam yang membuat pola unik serta menarik.

4. Asagi

Asagi
Mengenal Berbagai Jenis Ikan Koi
Asagi adalah type ikan koi yang telah cukup lama keberadaannya. Asagi adalah ikan koi biru dengan perut berwarna merah, keindahan asagi ada pada pola yang paling utama yaitu sisik yang terlihat seperti pola berbentuk jaring tidak tebal di atas warna basic indigo. Idealnya Asagi mempunyai kepala yang putih bersih. 

SHUSUI 
Mengenal Berbagai Jenis Ikan Koi
Shusui adalah type ikan koi dari keluarga asagi tetapi tak mempunyai sisik. Sisik pada shusui cuma ada di bagian punggung saja. Warna sisik idealnya berwarna gelap serta ada selama punggung dengan cara komplit serta rapi. 

5. Tancho

Tancho Goromo
Mengenal Berbagai Jenis Ikan Koi
 Tancho Goromo adalah koi yang mempunyai pola bulat di bagian kepala, yang berbentuk pola Goromo/anggur. 

Tancho Kohaku
Mengenal Berbagai Jenis Ikan Koi

 Tancho Kohaku merukana koi putih dengan bulatan merah di kepala. Makin bulat serta tajam makin menaikkan keindahan koi type ini. 

Tancho Goshiki
Mengenal Berbagai Jenis Ikan Koi

Tancho Goshiki mempunyai pola tancho di kepala dengan warna serta sisik tubuh yaitu koi type goshiki.

Tancho Kujaku
Mengenal Berbagai Jenis Ikan Koi
Tancho Sanke
Mengenal Berbagai Jenis Ikan Koi

No comments