Tips Mudah Memelihara Ikan Hias Laut

Tips Mudah Memelihara Ikan Hias Laut

Tips Mudah Memelihara Ikan Hias Laut(rumahakuariumi) - Pelihara ikan hias air laut sebenarnya tidaklah terlalu sulit, hanya saja anda membutuhkan sedikit pengetahuan dan ketelatenan untuk benar-benar dapat meikmati keindahan ikan yang umum hidup dibawah laut ini. Dibawah ini beberapa panduan untuk pelihara ikan hias air laut.

Anda jangan sampai terburu-buru memasukkan ikan air asin ke akuarium. Hal semacam ini memiliki maksud agar kondisi akuarium mendekati dengan lingkungan aslinya lebih dahulu. Lalu, air didalam akuarium harus mempunyai siklus nitrogen, sampai dapat menumbuhkan bakteri-bakteri pendukung didalam kehidupan air asin. Umumnya bakteri-bakteri ini bisa terlihat pada minggu ke 4 setelah siklus dimulai.

Anda jangan sampai memasukkan ikan terlalu banyak didalam akuarium. Keadaan ikan yang terlampau banyak ini dapat buat ikan stres dan mudah mati. Selain itu, anda juga jangan sampai memberi makanan ikan didalam jumlah banyak karena dapat buat akuarium lebih cepat kotor. Air yang kotor menyebabkan mutu air alami penurunan serta, penurunan ini bakal memudahkan ikan laut anda sakit dan mati.

Untuk memasukkan ikan baru ke aquarium, anda perlu kerjakan aklimatisasi. Berarti, ikan baru yang bisa dimasukan ke di dalam akuarium lebih dahulu harus sesuai sama suhunya dengan suhu akuarium. Langkahnya ambangkan ikan yang terus didalam plastiknya di akuarium kurang lebih 20 menit, setelah itu buka dan input sedikit air akuarium ke plastik ikan baru dan diamkan sepanjang 10 menit. Setelah itu, ikan baru dimasukan ke akuarium.

Anda hanya cukup memberi makan ikan satu hari sekali. Jadi, ikan laut anda baiknya tak terus menerus di beri makan, 1 kali 1 hari di rasa sudah cukup. Makanan yang terlampau berlebihan bisa cepat turunkan dan kurangi mutu air di dalam akuarium.

Kompliti akuarium dengan karang hidup sebanyak mungkin membuat perlindungan mutu air dengan alami. gunakan karang yang berwarna ungu atau bayak segi batangnya yang berwarna ungu.

Anda perlu memberi tumbuhan air laut. tumbuhan ini dapat membantu membuat perlindungan kesetabilan mutu air, terutama rumput asam (caulerpa sertularioides), rumput jarum (chaetomorpha) atau anggur hijau. tumbuhan ini dapat kurangi kandungan nitrat dan buat akuarium lebih beri kesegaran untuk ikan. gantilah air kurang lebih 20% dari jumlah air di dalam akuarium. pergantian air ini perlu ditangani masing-masing 2 minggu sekali.

Jagalah ph air agar tak teralu rendah atau terlalu tinggi. Apabila ph air yang terlalu rendah, anda bisa memakai obat kalkwasser. Adapun untuk saksikan kandungan garam anda bisa memakai hydrometer. Pakai protein skimmer membuat perlindungan mutu air laut. Protein skimer untuk akuarium air laut, bisa dibeli baik di toko ikan hias maupun di seaworld.

Berikanlah ikan anda udang pellet. Udang pelet sangat bermanfaat karena sukai konsumsi bakteri whitespot (bintik-putih) yang sering terlihat pada badan ikan.

Jagalah suhu air. Suhu yang baik untuk ikan yakni 28 derajat celcius dan untuk suhu koral 20 derajat celcius.

Sekianlah artikel dengan judul inilah panduan pelihara ikan hias air laut yang baik, semoga dapat bermanfaat untuk pengagum ikan hias air laut.

No comments